Trailer Lobo Terbalik

Sunday, November 11, 2007


Sebuah trailer lobo terbalik di jalan tanjakan Dam Mukakuning, Kamis (8/11) sekitar pukul 12.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal itu. Supir hanya mengalami luka-luka dan patah tulang pada tangan kanan.

Supir langsung dibawa berobat tak lama dari kejadian. Sehingga saat polisi lalu lintas tiba di tempat kejadian perkara (TKP) mereka tidak menemukannya. Sehingga belum ada keterangan resmi apa penyebab kecelakaan itu.

"Kami juga sedang cari supirnya. Katanya tulang kanan tangan supirnya patah dan dibawa berobat urut di Tembesi. Tapi saat kita cek, tidak ada disana," tutur Bripka Herbin, salah seorang petugas Pos Polisi Lalu Lintas di lokasi, kemarin.

Selain mencari supir, kata Herbin, pihaknya telah meminta pihak perusahaan, secepatnya memindahkan trailer BM 9036 XE dengan crane. "Kita sudah bilang, tapi belum datang juga, kita khawatir terjadi kemacetan," katanya.

Kemarin, kecelakaan tunggal itu pun menjadi tontotan pengguna jalan yang melintas. Mereka sebagian sempat berhenti di jalan sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas.

Kondisi trailer yang jatuh tepat ke sisi median jalan itu mengalami kerusakan berat. Kaca bagian depan lepas, kaca spion dan lampunya pecah. Pintu sebelah kanan rusak.

Muatan yang diduga turbin kapal masih utuh terikat kokoh di bak trailer. Namun muatan jatuh ke sisi kanan jalan dengan ban tergantung. Sehingga muatan menyebabkan beberapa pohon pelindung roboh dan pembatas marka jalan rusak total.

Beberapa pengakuan supir trailer yang sempat berhenti berkomentar bahwa safety pengangkutan barang itu sudah standar dan aman.

"Kecelakaan ini mungkin disebabkan kemiringan jalan, sehingga kendaraan jadi berat sebelah dan jatuh," tutur seorang supir trailer berkomentar pada wartawan yang sempat singgah melihat kejadian itu.

Soalnya kata supir itu, muatan sudah diikat kokoh di kiri dan kanan. Supir itu juga mengaku kalau kemiringan jalan ditanjakan itu sering mereka rasakan saat mereka melintas.