Akhirnya, Lulus SMA Juga

Thursday, September 11, 2008

Wajah Hariyanto terlihat berseri-seri ketika memasuki kantor SKB di Sagulung. Warga belajar ini tersenyum riang karena ia baru saja dinyatakan lulus ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK). Sehingga Hariyanto yang putus sekolah kelas dua di Bangka Belitung ini kini sudah menyandang status lulus SMA.
”Sekarang saya sudah bisa mencari pengalaman baru,” tutur Hariyanto yang ikut bekerja dengan pamannya sejak pindah dari bangka ke Batam ini. Dengan ijazah dan sertifikat komputer yang dipelajari di SKB akan digunakannya melamar pekerjaan.
”Selama ini saya tidak menyangka akan bisa mengirim lamaran dengan ijzah SMA,” ungkapnya tersenyum.
Sebelumnya harapan Hariyanto sudah pupus untuk kembali ke bangku sekolah formal. Namun berkat seorang temannya, Hariyanto tahu tentang SKB dan sedikit pun mensia-siakan peluang itu. Berbagai ketrampilan yang ada disana seperti komputer, bahasa Inggris, menjahit, pengelasan dan lainnya. ”Motivasi saya karena ingin pindah kerja,” tegas Hariyanto yang lulus ketrampilan komputer ini.
Dengan membawa raport terakhir di Bangka, Hariyanto pun mendaftar jadi warga belajar di SKB. Saat belajar hanya masuk hari Minggu saja, sehingga tidak begitu mengganggu jam kerjanya. Tak terasa selang satu tahun kemudian Hariyanto sudah lulus.
Menurutnya SKB sangat bagus, karena hal seperti ini jarang ada. Sebab kalau ke swasta akan sulit. Bagi yang putus sekolah, ia berpesan agar memanfaatkan kesempatan tersebut di SKB.
Hariyanto putus sekolah berawal dari kecelakaan yang dialaminya. ”Saya malas kembali sekolah setelah sembuh, akhirnya saya bisa menuntaskan sekolah saya di SKB,” tuturnya bangga.