Angkutan Kota Mini di Batam

Saturday, November 8, 2008

FITRI, warga Batam Center belum lama ini mengaku cukup prihatin dengan kondisi transportasi di Batam. Padahal menurutnya, Batam merupakan sebuah kota metropolis yang sangat cepat berkembang dalam aspek kehidupan bisnis.
Tapi sayangnya trayek angkutan umum di kota Batam masih sangat sedikit. Pada umumnya hanya melintasi jalan-jalan di tengah kota saja. Padahal Batam masih banyak jalan yang ramai dilintasi warga, tapi disana tidak terdapat angkutan umum. Memang, lanjut Fitri, taksi dan jasa ojek dapat ditemui dimana saja. Namun tarif yang dipatok oleh para tukang ojek rasanya sangatlah mahal. Dan tidak semua orang sanggup membayar ongkos taksi setiap bepergian keluar rumah.
Sedangkan lapisan masyarakat tidak seluruhnya termasuk kalangan ekonomi menengah ke atas. Sebagai warga Batam, Fitri berharap pada pemerintah segera mengadakan trayek angkutan umum di Batam memadai dan mencakup seluruh jalan di Batam. ”Seperti trayek-trayek angkutan kota yang ada di pulau Jawa,” tuturnya.
Pernyataan Fitri memang dibenarkan Kasri. Hanya dia tidak setuju jika sediaan angkutan umum dituding biang kemacetan Batam. Batam beda dengan daerah lain yang aktivitas manusianya 24 jam. Jalan protkol hanya sibuk pada jam karyawan masuk dan pulang kerja saja. ”Jadi wajar kalau siang sepi karena karyawan ada yang kerja dan istirahat. Jadi tidak tepat sediaan angkutan atau jumlah angkutan lebih banyak daripada penumpang dituding penyebab kemacetan itu,” bantahnya.
Kemacetan terjadi karena sopir angkotnya saja yang memang belum tertib dan displin. Kata Kasri pihaknya juga berpikir cara mengatasi kemacetan tertentu itu. Beberapa solusi sudah ada lanjut pria asal Padang yaitu tidak menambah koperasi angkutan di Batam dan jumlah trayek di jalan-jalan protokol yang nota bene jalurnya sibuk. Membuka jalur baru. Seperti yang dilakukan sekarang menata trayek ke wilayah pemukiman. Misalnya seperti ke wilayah Batam Centre. ”Trayek melalui jalan besar tidak akan ada lagi. Tapi kalau ke pemukiman iya,” katanya. ***